Oleh: zhudie81 | November 10, 2010

Favicon di WordPress

Cara membuat Favicon blog WordPress

Tuesday, 27 April 2010 10:08

Cara membuat Favicon blog WordPress. Favicon… apaan tuh? Favicon merupakan bla bla bla… hahaha, bingung ngejelasinnya. Tapi yang pasti favicon tuh sebuah gambar yang bla bla bla juga… halah makin bingung. Gini aja, saya kasih skrinsutnya aja biar saya gak bingung, sobat juga gak bingung. Gambar berikut menunjukkan dimana letaknya, ato yang kayak gimana sih yang disebut favicon tadi.

undefined

Nah, sekarang udah ‘ngeh kan yang kayak gimana favicon hihihi… Sekarang kita lanjut ke gimana cara buat favicon tersebut. Yang pertama kudu dilakukan tentunya menyiapkan gambar favicon dengan ukuran ‘normalnya’ 16×16 pixel, sobat bisa googling untuk nyari favicon gratisan, bisa yang animasi – maupun favicon yang diem aje hehehe, trus download favicon tersebut. Ganti nama file favicon tadi dengan nama favicon.ico

Ada beberapa cara untuk membuat favicon tersebut. Terserah nanti sobat milih cara yang mana, cara yang saya sebutin ini adalah cara yang halal. Saya juga gak tau – emang ada cara yang haram?

1. Menggunakan Plugin yang disediakan WordPress

Caranya, sobat tinggal install aja plugin tersebut trus aktifkan dan pilih favicon yang mau dipake ato sobat bisa menggunakan favicon buatan sendiri, bebasssss. Untuk cara installnya sobat bisa baca disini. Untuk pluginnya sendiri sobat bisa liat semua plugin favicon untuk WordPress disini.

2. Mengedit template WordPress

  • Caranya, upload favicon yang udah disiapin tadi ke folder theme yang sedang sobat gunakan, lihat gambar :
  • undefinedSetelah itu sobat edit template yang ada di file header.php menggunakan theme editor yang ada di dashboard dan sisipkan kode berikut :
  • <link rel=”shortcut icon” href=”<?php bloginfo(‘stylesheet_directory’); ?>/favicon.ico” type=”image/x-icon” />

    lihat gambar berikut, dimana sobat mesti menyisipkan kode tersebut, klik untuk memperbesar:

    setelah itu klik update file.

3. Mengupload file favicon.ico ke root directory

Nah, ini cara yang ketiga *setau saya* – sobat tinggal upload aja file favicon yang udah didownload tadi langsung ke root directory. Browser jaman sekarang secara default akan membaca file tersebut sebagai favicon dan menampilkannya di URL blog sobat semuah. Lihat gambar dimana sobat harus menempatkan file tersebut :

undefined

Yang perlu diperhatikan adalah :

Jika sobat menggunakan cara yang kedua, sobat kudu mengulangi langkah yang sama seandainya sobat ganti theme menggunakan theme yang laen. Tidak seperti langkah 1 dan 3, walopun sobat ganti2 themes, favicon sobat akan tetap dibaca oleh browser.

Nah sekarang sobat udah ‘ngeh dengan cara membuat favicon blog wordpress. Silakan dibikin yang cantik blognya menggunakan hiasan favicon…

sumber : http://blog.sangsaka.com/cara-membuat-favicon-blog-wordpress.html


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: