Oleh: zhudie81 | Februari 17, 2009

Halalkah Gaji Orang IT

moneyUlama manapun, dari negara apapun, jika ditanya tentang kehalalan gaji orang IT, mulai dari programer sampai network administrator, pasti dengan kompak akan menjawab “Halal!”. Namun yang menjadi permasalahan adalah bagaimana jika programer orang IT tersebut mengerjakan proyeknya dengan software yang berlisensi “pirated edition”.

Contohnya adalah ketika seorang programer mendapat proyek membuat sebuah applikasi Flash. Misalkan programer tadi menggunakan Macromedia Flash “pirated edition” untuk menyelesaikan proyek tersebut dan dia mendapatkan uang atas hasil kerjanya tersebut, maka apakah uang tersebut masih dapat disebut sebagai uang yang halal?

Lalu bagaimanakah solusinya? Solusi yang bisa Ane tawarkan untuk menyelesaikan masalah ini adalah sebagai berikut :

  1. Gunakanlah hardware yang halal (ya eyalah masa iya sie komputer kita hasil nyolong).
  2. Gunakanlah Operating System yang halal. Caranya dengan :
    1. Jika Free Operating System sudah bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan kita, maka gunakanlah. Contohnya adalah Linux. Jangan membayangkan bahwa menggunakan Ubuntu Linux sangat susah. Linux masa kini telah dipermudah sedemikian rupa. Bahkan dosen Ane pernah menyeletuk tentang Ubuntu Linux : “Ubuntu itu Windowsnya Linux” karena kemudahannya.
    2. Jika memerlukan OS yang berbayar, misalkan Microsoft Windows, maka belilah atau kita bisa membeli notebook dengan OS tersebut. Notebook sekarang harganya sudah cukup terjangkau, dengan dana 7 juta rupiah kita sudah mendapatkan notebook beserta Windows yang sudah tertanam di dalamnya.
  3. Gunakanlah software developer yang halal. Caranya dengan :
    1. Cari alternatif dari software tersebut yang sifatnya free. Misalkan kita memerlukan Adobe Photoshop, alternatifnya adalah gunakan Gimp. Berikut adalah website yang memuat daftar software alternatif yang bisa kita gunakan : http://www.linuxalt.com/software-table.html
    2. Kumpulkanlah teman-teman kita, lalu kita dirikan perusahaan atas nama bersama. Lalu belilah software tersebut dengan modal patungan.
    3. Bergabungan dengan perusahaan yang telah memiliki software yang kita butuhkan. Kerjakanlah proyek tersebut bekerja sama dengan perusahaan tersebut.
    4. Belilah, jika kita memiliki modal yang cukup.

Bagaimana jika semua opsi diatas susah dilaksanakan karena proyek yang kita kerjakan benar-benar memerlukan resource yang serba berbayar sedangkan kita tidak mampu memodalinya? Maka solusinya adalah… carilah proyek lain yang dapat kita kerjakan dengan resource yang kita miliki, Insya Allah masih banyak proyek yang menanti kita diluar sana


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: